Yunani
Hipocrates yang hidup antara tahun
460-370 sebelum masehi. Beliau mendapat sebutan Bapak Pengobatan karena selama hidupnya menaruh perhatian besar terhadap
perawatan dan pengobatan serta kebidanan. Beliau menganjurkan ibu bersalin
ditolong dengan perikemanusiaan dan mengurangi penderitaan ibu. Beliau
menganjurkan agar ibu bersalin dirawat dengan selayaknya. Sehubungan dengan
anjuran itu maka di negeri Yinani dan romawi terlebih dahulu merawat wanita
nifas.
Roma
Soranus yang hidup pada tahun 98-138
sesudah masehi. Beliau disebut Bapak Kebidanan karena dari beliaulah pertama kali menaruh perhatian
terhadap kebidanan setelah masa Hipocrates dan berpendapat bahwa seorang bidan
hendaklah seorang ibu yang telah mengalami kelahiran bayi, ibu yang tidak takut
akan hantu, setan, serta menjauhkan tahayul. Disamping itu beliau pertama kali
menemukan dan menulis tentang Versi
Podali, tapi sayang tidak disertai keterangan yang lengkap. Setelah Soranus
meninggal usahanya diteruskan oleh muridnya Moscion. Ia menulis buku yang merupakan pengajaran bagi
bidan-bidan. Bidan-bidan dahulu seringkali tidak mendapatkan
pengajaran, hanya bekerja berdasarkan pengalaman dan keberanian. Buku yang
ditulisnya itu diberi judul Katekismus
bagi bidan-bidan Roma. Dengan adanya buku itu majulah pengetahuan bidan.
Galen
(129-201 Masehi) menulis beberapa teks tentang pengobatan termasuk Obstetri dan
Gynekologi. Dia juga
mengambarkan bagaimana bidan melakukan Dilatasi
Servik.
Italia
Zaman
setelah Moscion meninggal sampai abAd pertengahan merupakan zaman yang galau
bagi bidang perawatan, dimana perawatan pada umumnya menjadi mundur. Pengobatan
menjadi mundur sekali. Di Eropa ilmu pengobatan kuno menjadi satu dengan
astrologi sedangkan yang mesih berusaha menpertahankan perkembangan pengobatan
kebanyakan hanya tabib-tabib bangsa Arab, karena pada waktu itu pengobatan dan
perawatan diabaikan tidak heranlah jika kebidanan juga dilalaikan, umumnya
orang menganggap bahwa kebidanan adalah satu hal yang biasa.
Pada
abad ke XV waktu sekolah Italia sudah banyak dan besar, pengobatan mulai maju
lagi, terutama menganai antomi dan fisiologi tubuh menusia. Diantara guru-guru
besar Itali yang terkenal dan berjasa adalah :
1.
Vesalius
2.
Febricus
3.
Eustachius
yang menemukan tuba Eustachius (saluran yang menghubungkan hidung, telinga dan
tenggorokan).
4.
Fallopius menemukan Tuba Fallopii (saluran yang
menghubungkan ovarium dan uterus)
5. Arantius
menemukan Ductus Arantii (pembuluh darah sementara pada janin)
Perancis
Perkembangan
yang diperoleh oleh guru besar Italia kemudian mempengaruhi pengobatan,
perawatan dan kebidanan di Perancis. Setelah kebidanan dikenal, para wanita bangsawan
mempeloporinya. Apabila wanita bangsawan itu akan bersalin, terutama yang tinggal
di istana, mereka selalu memanggil Dokter atau Bidan, dicontoh oleh kaum
terpelajar dan kemudian berkembang pula diantara wanita-wanita biasa.
Tokoh yang terkenal membawa
perkembangan kebidanan di Perancis adalah :
1. Amroise
Pare (1510-1590)beliau dikenal sebagai seorang ahli bedah, tetepi juga
memberikan kontribusi dalam bidang Obstetri dan Gynekologi. Beliau menemukan Versi Podali < sebagai mana yang
dikemukakan oleh Soranus dahulu, tetapi beliau memberikan cara-cara dengan
lengkap. Perasad ini dikenal dengan Versi Ekstaksi (diputar)
kemudian ditarik keluar.
2. Grullemau,
beliau adalah murid dari Amroise Pare yang membantu dan meneruskan minat
gurunya.
3. Louise
Bourgeois/ Boursie (1563-1636)ia dalah seorang bidan yang cakap, juga murid
dari Amroise Pare. Turut memperkenalkan versi ektraksi pada persalinan sukar.
Ia pertama kali menerbitkan buku tentang kebidanan
4. Francois Mauriceau
Menemukan
suatu cara untuk melahirkan kepala pada letak sungsang agar lebih mudah yaitu
dengan memasukkan dua jari ke dalam mulut bayi agar kepala bertambah fleksi.
Cara ini hingga sekarang terkanal dengan istilah Cara Mauriceau atau Perasad
Mauriceau.
Inggris
1.
William
Smellie, ( 1697-1763)
Beliau mengubah bentuk cunam, serta
menulis buku tentang pemasangan cunam dengan karangan yang lengkap,
ukuran-ukuran panggul dan perbedaan panggul sempit dan biasa
2.
William
Hunter (1718-1783)
Murid dari Willian Smellie, yang
memeruskan usahanya.
Amerika Serikat
Zaman dahulu kala di AS persalinan
ditolong oleh dukun beranak yang tidak berpendidikan. Biasanya bila wanita
sukar melahirkan, ahli obat menganjurkan agar wanita itu diusir serta ditakuti
agar ras sakit bertambah dan kelahiran menjadi mudah karena kesakitan dan
keseduhannya. Menurut catatan Thimas yang pertama kali praktek di AS adalah Samuel
Fuller dan Istrinya. Kemudian menyusul Anne Hutchinson, ia menjadi bidan pada
tahun 1634, pergi ke Boston dan melaporkan disana ia telah menolong persalinan
dengan baik dan menghilangkan kepercayaan lama.
Kemudian nasib malang menimpa Anne
Hutchinson ketika ia menolong sahabatnya bernama Marry Dyer, melahirkan anak
dengan Anencephalus. Orang- orang mengecam Anne sebagai seorang ahli shir
wanita. Akibat kecaman itu ia meninggalkan Boston dan pergi ke Long Island,
kemudian ke Pelham, New York. Disana ia terbunuh waktu ada pemberontakan
orang-orang Indian. Karena ia dianggap sebagai orang yang berjasa maka ia
diperingati dengan nama Hutchinson River
Parkway
Setelah orang Amerika mendengar
perkembangan di Inggris beberapa orang Amerika terpengaruh dengan kemajuan di
Inggris dan pergi kesana untuk memperdalam ilmunya. Antara lain :
1.
Dr,
James Lloyd (1728-1810.
Beliau berasal dari Boston, belajar
di London di RS Guy dan RS Saint Thimas.
2.
Dr.
Willian Shippen (1736-1808)
Beliau berasal dari Philadelphia,
belajar di Eropa selama lima tahun kemudian belajar pada Willian Smellie dan
Jhon, William Hunter dan Mackanzie. Sekembalinya di AS mengembangkan kebidanan
di Amerika. Pada tahun 1762 Dr. W. Shippen diizinkan mendirikan kursus
kebidanan di Philadelphia Gazette. Masyarakat banyak menaruh minat, pria maupun
wanitanya , sehingga kursusnya terdiri dari dari murid-murid pria dan wanita. Dalam
praktek kebidanan murid-murid dipisahkan, murid pria berpraktek pada praktek
pratikulirnya sendiri. Kemudian didirikan rumah sakit bersalin yang khusus
untuk latihan muridnya. Kursus ini berlangsung terus sampai tahun 1765,
kemudian ditutup karena adanya sekolah kedokteran dari Collage Philadelpjia.
Dr. William Shippen diangkat menjadi professor Anatomi. Pembedahan dan
kebidanan diajarkan bersama-sama pada tahun 1810 setelah ada pangangkatan
dokter Thomas Chalkley James sebagai professor kebidanan. Ia menganjurkan
partus buatan pada bayi premature bila pinggul ibu nya sempit.
3. Dr.
Samuel Brad yang hidup pada tahun 1742-1821. setelah menamatkan pelajarannya
beliau pergi ke Eropa belajar di Edenburgh hingga tamat. Kemudian meneruskan
lagi ke London hingga pada tahun 1768 kembali ke Amerika Serikat pada umur 26
tahun.
Beliau
terkenal dengan memajukan berdirinya bagian kedokteran di King College yang
sekarang menjadi Universitas Columbia Dr. J.V.L. Tennet yang bekerja juga pada
universitas itu menyebutnya sebagai professor kebidanan yang pertama di King
College. Kemudian Dr Samuel Bard menulis buku kebidanan yang lain dan memuat
pelajaran bagi dokter dan bidan. Isi buku tersebut antara lain sebagai berikut
:
a. Cara pengukuran Conyungata diagonalis
b. Kelainan-kelainan panggul
c.
Melarang pemeriksaan dalam bila tidak ada indikasi
4. kala
I, dari permulaan persalinan sampai pembukaan lengkap
5. kala
II, dari pembukaan lengkap sampai kepala kelihatan di atas perineum
6. kala
III, dari tampaknya kepala bayi diatas perineum sampai lahirnya seluruh tubuh
7. Kala
IV, dari lahirnya anak sampai lahirnya plasenta.
a.
Menasehatkan jangan menarik tali pusat untuk mencegah
terjadinya inversion uteri.
b.
Mengajarkan bahwa letak muka dapat lahir spontan
c.
Melarang pemakaian cunam yang berulan-ulang karena banyak
menimbulkan kerugian.
8.
Dr.
Walter Channing (1786-1876)
Walter Channing mula-mula belajar
kedokteran di universitas Pensylvania, kemudian meneruskan ke Edenburgh dan
London. Sekembalinya di Amerika Serikat beliau diangkat sebagai Profesor
kebidanan di Sekolah Kedokteran Harvard, di mana sebelumnya diajarkan subjek
kebidanan sebagai subjek tersendiri. Dr. Walter Channing juga seorang dokter
yang pertama kali memperhatikan keadaan nifas di RSU Boston, Amerika Serikat.
Perkembangan Pendidikan Kebidanan Di Luar Negeri
Malaysia
Perkembangan
kebidanan di Malaysia bertujuan untuk menurunkan MMR dan IMR dengan menempatkan
bidan desa. Mereka memiliki basic SMP + juru rawat + 1 tahun sekolah bidan.
Jepang
Sekolah
bidan di Jepang dimulai pada tahun 1912 pendidikan bidan disini dengan basic
sekolah perawat selama 3 tahun + 6 bulan pendidikan bidan. Tujuan pelaksanaan
pendidikan ini adalah untuk meningkaTkan pelayanan kebidanan dan neonatus tapi
pada masa itu timbul masalah karena masih kurangnya tenaga bidan dan bidan
hanya mampu melakukan pertolongan persalinan yang normal saja, tidak siap jika
terdapat kegawat daruratan sehingga dapat disimpulkan bahwa kualitas bidan
masih kurang memuaskan. Pada tahun 1987 ada upaya untuk meningkatkan
pelayanan dan pendidikan bidan, menata dan mulai merubah situasi.
Belanda
Negara
Belanda merupakan Negara Eropa yang teguh berpendapat bahwa pendidikan bidan
harus dilakukan secara terpisah dari pendidikan perawat. Menurut Belanda
disiplin kedua bidang ini memerlukan sikap dan keterampilan yang berbeda. Perawatan
umumnya bekerja secara hirarki di RS dibawah pengawasan sedangkan bidan
diharapkan dapat bekerja secara mandiri di tengah masyarakat. Akademi
pendidikan bidan yang pertama pada tahun 1861 di RS Universitas Amsterdam.
Akademi ke dua dibuka pada tahun 1882 di Rotterdam dan yang ketiga pada tahun
1913 di Heerlen. Pada awalnya pendidikan bidan adalah 2 tahun, kemudian menjadi
3 tahun dan sejak 1994 menjadi 4 tahun. Pendidikannya dengan dasar SMA. Tugas
pokok bidan di belanda adalah keadaan normal dan merujuk keadaan yang abnormal
ke dokter ahli kebidanan.
Inggris
Pada tahun
1902 pelatihan dan registrasi bidan mulai diteraturkan. Selama tahun 1930 banyak perawat yang
teregistrasi masuk kebidanan karena dari tahun 1916 mereka melaksanakan
kursus-kursus kebidanan lebih singkat dari pada perempuan tanpa kualifikasi
keperawatan. Tahun 1936 kebanyakan siswa-siswa kebidanan teregistrasi sebagai perawat. Pelayanan kebidanan di
Inggris banyak dilakukan oleh bidan praktek swasta. Semenjak pertengahan 1980
kurang lebih 10 orang bidan melaksanakan praktek mandiri. Tahin 1990 bertambah
sekitar 32 bidan, 1991 menjadi 44 bidan, dan 1994 sekitar 100 orang bidan
dengan 80 bidan masuk dalam independent Midwives Assosiation.
Alasan bidan di Inggris melakukan
praktek mandiri :
·
Penolakan terhadap model medis dalam kelahiran (
Medicalisasi)
·
Ketidakmampuan
menyediakan perawatan yang memuaskan dalam NHS ( National Health Servis )
·
Untuk
mengurus status bidan sebagai praktisi
·
Untuk memberikan kelangsungan perawatan dan kemampuan
bidan dalam memberikan pertolongan persalinan di rumah sebagai pilihan mereka.
Pendidikan kebidanan di inggris :
·
High
School + 3 tahun
·
Nurse
+ 18 bulan
Mayoritas
bidan di Inggris adalah lulusan diploma. Sejak tahun 1995 sudah ada lulusan S1
kebidanan dengan dasar SMU + 3-4 tahun.
Australia
Australia
sedang pada titik perubahan terbesar dalam pendidikan kebidanan. System ini
menunjukkan bahwa seorang bidan adalah seorang perawat yang terlegislasi dengan
kualifikasi kebidanan. Konsekwensinya
banyak bidan-bidan yang telah mengikuti pelatihan di Amerika dan Eropa tidak
dapat mendaftar tanpa pelatihan perawatan. Siswa-siswa yang mengikuti pelatihan
kebidanan pertama kali harus terdaftar sebagai perawat. Kebidanan swasta di
Australia berada pada poin kritis pada awal tahun 1990, berjuang untuk bertahan
pada waktu perubahan besar.
3 faktor
yang bekerja melawan kebidanan
- Medical
yang dominan
-
Berlawanan dengan profesi keperawatan
- Tidak
mengabaikan komunitas peran bidan
Medicalisasi
telah dibawa sebagian oleh dokter, melalui pelatihan melebihi dari yang
diperlukan ini adalah gambaran dari pejuangan bidan-bidan di Negara lain.
Profesi keperawatan di Australia menolak hak bidan sebagai identitas profesi
yang terpisah. Dengan kekuatan penuh bidan-bidan yang sedikit militant
tersupport untuk mencapai kembali hak-hak dan kewenangan mereka dalam menolong
persalinan
Pendidikan
bidan dengan basic perawat + 2 tahun. Sejak tahin 2000 telah dibuka University
of Teknology of Sydney yaitu S2 ( Doctor Of Midwifery )
Spanyol
Spanyol
merupakan salah satu Negara di benua Eropa yang telah lama mengenal profesi
bidan. Dalam tahun 1752 persyaratan bahwa bidan harus lulus ujian, dimana
materi ujiannya adalah dari sebuah buku kebidanan “ A Short Treatise on the Art
Of Midwifery) pendidikan bidan di ibu kota Madrid dimulai pada thain 1789.
Bidan disiapkan untuk bekerja secara mandiri di masyarakat terutama dikalangan
petani dan buruh tingkat menengah kebawah. Bidan tidak boleh mandiri memberikan
obat-obatan , melakukan tindakan yang menggunakan alat-alat kedokteran.
Pada tahun
1942 sebuah RS Santa Cristina menerima ibu-ibu yang hendak bersalin. Untuk itu
dibutuhkan tenaga bidan lebih banyak. Pada tahun 1932 pendidikan bidan disini
secara resmi menjadi School of Midwife. Antara tahun 1987-1988 pendidikan bidan
untuk sementara ditutup karena diadakan penyesuaian kurikulum bidan menurut
ketentuan Negara-negara masyarakat Eropa, bagi mereka yang telah lulus sebelum
itu, penyesuaian pada akhir 1992.
Ontario Canada
Mulai tahun 1978 wanita dan
keluarga tidak puas dengan system perawatan maternity di Ontario. Bidan di
Ontario memiliki latar belakang pendidikan yang berbeda-beda yang terbanyak
adalah berasal dari pendidikan kebidanan di Britain, beberapa memiliki pendidikan
bidan formal di Belanda, Jerman dan beberapa memiliki latar belakang perawat. Selain
itu di canada pada umumnya tenaga bidan datang dari luar. Mereka datang sebagai
tenaga perawat dan pelayanan kebidanannya disebut Maternity Nursing. Di Canada tidak ada
peraturan atau izin praktek bidan, pada tahun 1991 keberadaan bidan diakui di
Canada. Di Ontario dimulai secara resmi pendidikan di university Based, Direc
Entry dan lama pendidikan 3 tahun. Dan mereka telah menpunyai ijazah bidan
diberi kesempatan untuk registrasi dan di beri izin praktek.
Denmark
Merupakan
Negara Eropa lainnya yang berpendapat bahwa profesi bidan tersendiri.
Pendidikan bidan disini mulai pada tahun 1787 dan pada tahun 1987 yang lalu
merayakan 200 tahun berdirinya sekolah bidan. Kini ada 2 pendidikan bidan di
Denmark.
Setiap
tahun menerima 40 siswa dengan lama pendidikan 3 tahun direct entry. Mereka
yang menjadi perawat maka pendidikan ditempuh 2 tahun. Hal ini menimbulkan
berbagai kontroversi dikalangan bidan sendiri, apakah tidak sebaiknya
pendidikan bidan didirikan atas dasar perawat sebagian besar berpendapat tidak.
Pendidikan
post gradua terbagi bidan selama 9 bulan
dalam bidang pendidikan dan pengelola. Tahun 1973 disusun rangkaian
pedoman bagi bidan yang mengelompokkan klien dari berbagai resiko yang terjadi.
Hal ini menimbulkan masalah kerena tidak jelas batasan mana yang resiko rendah
dan tinggi. Pada tahun 1990 diadakan perubahan pedoman baru yang isinya sama
sekali tidak menyinggung masalah resiko. Penekanan pelayanan adalah pada
kesehatan non invansi care.
New Zealand
Selama
50 tahun masalah kebidanan hanya terpaku pada medicalisasi kelahiran bayi yang
progresif. Wanita tukang sihir telah dikenal sebagai bagian dari maternal sejak
tahun 1904. Tindakan keperawatan mulai dari tahun 1971 mulai diterapkan pada
setiap ibu hamil, hal ini menjadikan bidan sebagai perawat spesialis kandungan.
Pada tahun
1970 Selandia Baru telah menerapkan medicalisasi kehamilan. Ini didasarkan pada
pendekatan mehasiswa pasca sarjana ilmu kebidanan dari universitas Aukland
untuk terjun ke rumah sakit pemerintah khusus wanita. Salah satu konsekuensi
dari pendekatan ini dalah regional jasa. Inia dalah efek dari sentralisasi yang
mengakibatkan penutupan runah sakit pedesaan dan wilayah kota.
Dengan
adanya dukungan yang kuat terhadap gerakan feminis, banyak wanita yang berjuang
untuk meningkatkan medicalisasi dan memilih persalinan di rumah. Dengan adnya
dukungan yang kuat terhadap gerakan feminis, banyak wanita yang berjuang untuk
meningkatkan medicalisasi dan memilih persalinan di rumah. Kumpulan Homebirth
di Aukland dibentuk tahun 1978. dimulai dengan keanggotaan 150 orang dan
menjadi organisasi nasional selama 2 tahun yaitu NZNA ( New Zaeland Nurses
Association). Perkumpulan ini didukung oleh para langganan, donator dan tenaga
kerja suka rela atau fakultatif yang bertanggung jawab atas banyaknya perubahan positif dalan system RS.
Tahun 1986 homebirth sangat berpengatruh dalam kemajuan melawan penetapan yang
dibuat oleh medis, akhirnya menteri pelayanan kesehatan secara resmi mengakui
homebirth tanuh 1986.
Pada
tahun 1980 NZNA membuat garig besar mengenai statemen kebijakan atas pembatasan
rumah hal ini disampaikan olah penasehat panitia meternal jasa kepada jawatan
kesehatan. Panitia meternal jasa adalah suatu panitia dimana dokter kandungan
menyatakan peraturan mengenai survey maternal terutama dalam hal memperdulikan
rumah
Sekarang
NZNA telah membuat kemajuan yang patut dipertimbangkan dalam menetapkan konsep
general perawat kesehatan keluarga secara berkesinambungan menyediakan
pelayanan mulai dari kelahiran sampai meninggal. Sejak tahun 1904 RS St. Hellen
mengadakan pelatihan kebidanan selama 6 bulan dan ditutup tahun 1979. sebagi
penggantinya sejak tahun 1978 beberapa politeknik keperawatan berdiri, selain
itu ada yang melanjutkan pendidikan di Australia untuk memperoleh keahlian
kebidanan. Tercatat 177 (86 %) bidan telah memperolah pendidikan kebidanan di
luar negeri pada tahun 1986 dari 206 bidan yang ada, dan hanya 29 orang lulusan
kebidanan Selandia Baru tahun 1987.
Tahun 1981
sebagian besar RS memasukkan bidan keperkumpulan perawat, para bidan mengalami
krisis untuk membentuk organisasi dan pemimpin dari mereka. Kemudian muncul
perkumpulan bidan yang menentang NZNA untuk mendapatkan rekomendasi lebih
lanjut langsung di bawah RS atau dibawah dokter kandungan.
Amerika Serikat
Mengenai
kemajuan kebidanan dapat diceritakan sebagai berikut. Setelah Amerika Serikat
mengalami kamajuan maka Negara-negara lain menyusulnya terutama setelah buku
tentang kebidanan dicetak dan diedarkan. Yang memajukan kebidanan itu antara
lain ialah mereka yang di sebut dibawah ini
:
William Harley (1578-1657)
Menyelidiki fisiologi dari plasenta
dan selaput janin, sehingga ditemukan fungus plasenta dan selaput janin seperti
yang kita ketahui sekarang ini.
Arantius
Seorang
guru besar dari Italia menemukan suatu ductus/pembuluh darah sementara pada
janin yang menghubungkan vena umbilicalis dan vena cava inferior. Ductus itu
tertutup bila anak sudah lahir dan kemidian menjadi jaringan. Ductus itru bernama
sesuai dengan yang menemukannya yaitu
Ductus Arabtii/ ductus yang ditemukan oleh Arantius
Fallopius
Juga
seorang guru besar dari Italia. Menemukan saluran sel telur yang terletak
antara uterus dan ovarium. Saluran
itu dinamakan Tuba Fallopii
Boudelocque dar
Perancis (1745-1810)
Beliau
mempelajari mengenai panggul dan menemukan ukuran-ukuran panggul, serta memberi
banyak sekali pelajaran tentang panggul. Salah seorang muridnya adalah William
Potts Dewees yang hidup antara tahun 1768-1841. mula-mula beliau mengikuti
James Llyod sebagai professor Kebidanan di Universitas Pensylvania Amerika
Serikat, kemudian balajar ke Perancis kepada Boudelocque, terutama mempelajari
panggul. Sekembalinya di Amerika Serikat beliau memberikan pelajaran tentang
panggul, hingga mendapat sebutan Boudelocque Amerika.
Kecuali
itu beliau menerbitkan buku pada tahun 1824, denan pelajaran antara lain
sebagai berikut :
a. pengertian
tentang panggul sebagai basis dalam kebidanan
b. persalinan
dapat diperlakukan dengan tidur telentang dan kaki dibengkokkan / sikap dorsal recumbent, kecuali tidur miring
yang biasa dilakukan.
c. Pemasangan
forcep bila perlu jangan di tunda karena dapat membahayakan ibu dan anak.
Ketentuan pemasangan forcep : kepala jangan lebih 6 jam di dasar panggul.
Hugh L. Hodge
Menemukan bidang-bidang dalam panggul
untuk mengetahui sampai dimana turunnya kepala anak, bidang itu juga dinamkan
bidang Hodge, kecuali itu beliau juga memberikan pelajaran kebidanan yang antara
lain sebagai berikut :
a.
letak
vertex/ belakang kepala anak, di belakang bisa disebabkan kerena putaran yang
salah
b.
mekanisme
letak sungsang sesuai dengan yang diajarkan sekarang
c.
pemasangan
forcep harus disamping kepala anak, kecuali bila kepala masih tinggi atau bila
anak melintang
d. mengubah
letak kepala dengan tangan (Inwendige Correctie) sebelum memasang cunam
e. membagi
turunnya kepala dengan bidang-bidang dalam panggul.
yang dari benua asia koq sedikit bgt???
BalasHapusPlay Slots with a High RTP Online Casino | KAdang
BalasHapusPlay slots from one provider, 제왕 카지노 Playtech. Our range of table-games comes with a lot of fun 온카지노 and winning potential. No wagering 카지노 limits.