Selasa, 10 Juli 2012

TUJUAN PELAYANAN KEBIDANAN

Pelayanan kebidanan komunitas diarahkan “untuk mewujudkan keluarga yang sehat sejahtera sehingga tercipta derajat kesehatan yang optimal”. Hal ini sesuai dengan visi Indonesia Sehat 2010. Kesehatan keluarga merupakan salah satu kegiatan dari upaya kesehatan dimasyarakat yang ditujukan kepada keluarga. Penyelenggaraan kesehatan keluarga bertujuan untuk mewujudkan keluarga kecil, sehat, bahagia dan sejahtera. Didalam kesehatan keluarga, kesehatan ibu mencakup kesehatan masa pra kehamilan, kehamilan, persalinan, pasca persalinan dan masa diluar kehamilan (masa interval).
Kesehatan anak diselenggarakan untuk mewujudkan pertumbuhan dan perkembangan anak. Upaya kesehatan anak dilakukan melalui peningkatan kesehatan anak dalam kandungan, masa bayi, balita, pra sekolah dan sekolah.
Peningkatan kesehatan keluarga dapat mewujudkan lingkungan keluarga yang sehat, selanjutnya meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Wujud dari kesehatan keluarga dan komunitas merupakan cita-cita bangsa Indonesia yang berupa kesehatan untuk semua.
Kesehatan untuk semua menurut WHO adalah semua orang memperoleh derajat kesehatan tertinggi yang memungkinkan dan secara minimum semua orang memperoleh derajat kesehatan sehingga mereka mampu bekerja produktif dan berpartisipasi secara aktif dalam kehidupan social dimasyarakat dimana mereka tinggal.
Kegiatan bidan dan jaringan kerja kebidanan komunitas
Sebenarnya kegiatan kebidanan komunitas telah lama terlaksana ditengah-tengah masyarakat. Aktifitas kebidanan komunitas terutama adalah melayani ibu dan anak balita diluar rumah sakit. Sebelum bekerja dikomunitas seorang bidan harus mempunyai kompetensi yaitu memberikan asuhan yang bermutu tinggi dan komprehensif pada keluarga, kelompok dan masyarakat sesuai dengan budaya setempat.
Pengetahuan dasar yang harus dimiliki bidan :
1.    Konsep dasar kebidanan komunitas
2.    Masalah kebidanan komunitas
3.    Pendekatan asuhan kebidanan pada keluarga, kelompok dan masyarakat
4.    Strategi pelayanan kebidanan komunitas
5.    Ruang lingkup kebidanan komunitas
6.    Upaya peningkatan dan pemeliharaan kesehatan ibu dan anak dalam keluarga dan masyarakat
7.    Faktor-faktor yang mempengaruhi kesehatan ibu dan anak
8.    Sistem pelayanan kesehatan ibu dan anak
Keterampilan dasar yang harus dimiliki bidan:
1.    Melakukan pengelolaan pelayanan ibu hamil, nifas, bayi balita dan KB dimasyarakat
2.    Mengidentifikasi status kesehatan ibu dan anak
3.    Melakukan pertolongan persalinan dirumah dan polindes
4.    Mengelola polindes
5.    Melakukan kunjungan rumah pada ibu hamil, nifas, laktasi, bayi dan balita
6.    Melakukan pembinaan dan penggerakan PSM
7.    Melakukan penyuluhan dan konseling kesehatan
8.    Melakukan pencatatan dan pelaporan
Dilihat dari peran dan fungsi bidan yang sesuai dengan kode etik bidan maka peran bidan didalam komunitas adalah sebagai pelaksana, pengelola, pendidik dan juga peneliti.
Pelayanan kebidanan komunitas mencakup pencegahan penyakit, pemeliharaan dan peningkatan kesehatan, penyembuhan serta pemulihan kesehatan
Sebagian besar kegiatan bidan komunitas adalah memberikan pelayanan kesehatan selama kehamilan, persalinan, nifas, juga pada bayi dan anak, tetapi bidan juga bekerja dalam keluarga berencana serta masa sebelum dan sesudah kehamilan.
Secara garis besar kegiatan pelayanan kebidanan dimasyarakat dapat diuraikan sebagai berikut :
1.    Pelayanan kesehatan ibu
Bertujuan meningkatkan derajat kesehatan yang optimal bagi ibu yang dilakukan pada:
a.    Pra hamil                       
b.    Hamil
c.    Persalinan
d.    Nifas
e.    Menyusui
gb13      gb25     gb%207
2.    Pelayanan medik keluarga berencana
Bertujuan meningkatkan kesehatan ibu dan anak dalam keluarga dalam rangka mewujudkan keluarga kecil yang bahagia dan sejahtera melalui pemberian kontrasepsi. Kegiatannya meliputi :
a.    Komunikasi, informasi dan edukasi (KIE)
b.    Pelayanan kontrasepsi
c.    Pembinaan dan pengayoman medis kontrasepsi peserta KB
d.    Pelayanan rujukan KB
e.    Pencatatan dan pelaporan
3.    Pelayanan kesehatan anak
a.    Pemeriksaan kesehatan balita secara berkala
b.    Penyuluhan pada orang tua, menyangkut pada perbaikan gizi, kesehatan lingkungan dan pengawasan tumbuh kembang anak
c.    Imunisasi dan upaya pencegahan penyakit lainnya
d.    Identifikasi tanda kelainan dan penyakit yang mungkin timbul pada bayi dan balita serta cara penanngulangannya
gb%206      gb11     
4.    Peran serta masyarakat
a.    Pelatihan dukun
b.    Pelatihan kader kesehatan masyarakat
c.    Kursus ibu
d.    Pengembangan kesehatan masyarakat desa (PKMD)
e.    Posyandu
f.     Dana sehat
gb15
Pelayanan kebidanan komunitas dapat dilakukan dirumah pasien, polindes, posyandu, puskesmas, dan rumah bidan praktek swasta
Rangkuman
Kebidanan komunitas merupakan kegiatan pelayanan yang diberikan bidan kepada ibu dan balita yang berada dalam suatu keluarga untuk meningkatkan kesehatan keluarga.
Perkembangan pendidikan kebidanan sudah dimulai sejak zaman Hindia Belanda yang dipelopori oleh seorang dokter  militer Belanda. Sampai saat ini pendidikan kebidanan di Indonesia terus mengadakan pembenahan sesuai dengan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk mencapai tujuan menjadikan seorang bidan yang profesional baik dalam keilmuan maupun praktek dalam komunitas. Sedangkan pelayanan kebidanan sudah dimulai di luar negeri, yang dipelopori oleh bangsa Roma yaitu Soranus yang dikenal sebagai  Bapak Kebidanan, yang menemukan dan menulis tentang versi podali  yang diikuti oleh negara-negara lain, dengan penemuan-penemuan pelayanan kebidanan yang lebih bervariasi baik dalam penanganan kasus maupun pengobatan.
 Kesehatan ibu terkait dengan masalah kesehatan wanita. Wanita dengan perkembangan dan pertumbuhannya melalui masa bayi, anak, remaja, ibu ( hamil, melahirkan, nifas, menyusui ) dan usia lanjut. Walaupun kebidanan komunitas memfokuskan kegiatannya kepada ibu dan anak yang dilahirkan, akan tetapi masa lain yang dilalui oleh wanita juga mendapat perhatian karena masa ibu berkaitan dengan masa – masa lain dalam pertumbuhan dan perkembangan wanita.
Kebidanan komunitas merupakan bagian kesehatan keluarga, masalah kesehatan keluarga terutama kesehatan ibu dan anak balita  sangat terkait dengan kebidanan komunitas. Keluarga merupakan bagian komunitas.

0 komentar:

Poskan Komentar